Sabtu, 14 Juli 2012

Rawan Stroke


Tidur Kurang dari 6 Jam Rawan Stroke
Ruiter[1], Universiry Albana di Birmingham

J
ika Anda memiliki kebiasaan tidur yang buruk sebaiknya segera temukan solusi untuk mengatasi hal itu. Mengapa ? Riset terbaru mengindikasikan, tidur kurang dari enam jam semalam secara signifikan dapat meningkatkan resiko gejala stroke. Mereka  yang harus waspada terhadap resiko ini adalah kalangan pekerja usia 40-an hingga usia lanjut dan memiliki berat badan normal.
Dalam kajiannya, peneliti dari University Albana di Birmingham melibatkan 5.666 partisipan berusia 45 tahun keatas, yang dipantau perkembangannya selama tiga tahun. Para peserta tidak memiliki riwayat stroke, serangan iskemik transien, gejala gejala stroke atau resiko tinggi terkait sleep apnea pada awal panelitian. Hasil studi menunjukkan, mereka yang mempunyai kebiasaan tidur kurang dari enam jam setiap harri berisiko lebih tinggi mengidap stroke ketimbang peserta yang tidurnya cukup.

“Tidur dan prilaku yang berhubungan tidur dapat dimodifikasi lewat terapi kognitif atau pemberian obat. Temuan ini mungkin menjadi dasar dalam penggunaan terapi tidur dalam mencegah perkembangan stroke,”Kata Ruiter yang mempublikasikan rusetnya dalam pertemuan tahunan ke- 26 peekembangan stroke,” aSSOCIATED pROFESINAL sLLEP sOCIETIES di Boston. (asep, 2012)



[1] Peneliti, Associated Professional Sleep Sociecities

Tidak ada komentar:

Posting Komentar